0813-3985-1650

Ada banyak persiapan sebelum melaksanakan ibadah kurban, salah satunya menentukan hewan apa yang akan dikurbankan. Beberapa orang memilih untuk berkurban secara kolektif, seperti apa hukumnya? Simak ketentuannya berikut ini

Sebuah hadits dari Jabir Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata:

أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَشْتَرِكَ فِي الإِبِلِ وَالْبَقَرِ كُلَّ سَبَعَةٍ مِنَّا فِي بَدَنَةٍ

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memerintahkan kami patungan pada sesekor unta dan sapi. Setiap 7 orang dari kami berserikat dalam satu ekor.” (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut maka seekor sapi dapat dikurbankan secara kolektif untuk 7 orang.

Lalu apakah sama hal nya dengan kambing?

“Aku pernah bertanya pada Ayyub Al-Anshori, bagaimana qurban di masa Rasulullah Sallallahu Alaihi wa salam? Lalu, beliau menjawab: “Seseorang biasa berqurban dengan seekor kambing yang diniatkan untuk dirinya dan satu keluarganya. Lalu, mereka memakan qurban tersebut dan memberikan makan untuk yang lainnya.” dari Hadist Riwayat Tirmidzi No. 1505, sahih.

Jadi kambing dapat dikurbankan untuk satu 1 orang, atau atas nama keluarga (dengan perwakilan satu nama di sebuah keluarga) agar pahala kurban sampai untuk dirinya dan keluarganya.

Tunaikan ibadah kurban anda dengan mudah dan amanah melalui Kurban Online BAZNAS 2020

Share This
Open chat
1
Butuh Bantuan
Assalamualaikum..
Ada yang bisa kami bantu?