0813-3985-1650

Setiap tanggal 10 Dzulhijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, ummat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah.

Qurban memiliki makna dekat atau mendekatkan, yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT, sebagai bentuk ketaatan kepada Nya.  Qurban dilakukan pada hari Idul Adha dan hari tasyrik, yakni 10, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Qurban adalah ibadah yang diutamakan, sebagaimana hadits riwayat Aisyah, r.a, Rasulullah saw. Bersabda:

“Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117).”

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Denpasar berkomitmen menjalankan program qurban agar terus-menerus menguatkan perekonomian masyarakat, terutama dalam menghadapi masa pandemi ini. melalui program qurban, hewan ternak akan dibeli langsung dari peternak binaan, kemudian disembelih oleh panitia qurban dan didistribusikan kepada ummat masyarakat. Jadi di samping mengandung aspek ketauhidan terhadap Allah SWT, qurban dapat mempunyai dampak diberbagai sektor kehidupan, terutama ekonomi.

Share This
Open chat
1
Butuh Bantuan
Assalamualaikum..
Ada yang bisa kami bantu?