Pasar PC Dunia Turun Akibat “Lockdown” Di China

Pasar komputer, laptop, dan notebook (PC) tampaknya belum menunjukkan pemulihan pada kuartal II(April-Juni) 2022 ini, karena mengalami penurunan sebanyak 15 persen dari periode yang sama tahun lalu. Ini menjadi yang terendah sejak kuartal I-2020.

Demikian menurut laporan terbaru pasar PC global kuartal II-2022 yang dirilis firma riset pasar Canalys.

Berdasarkan data Canalys, pengiriman (shipment) PC di kuartal II-2022 tercatat di angka 70 jutaan unit, atau turun 15 persen dari 82,5 juta unit pada periode yang sama tahun lalu.

Seorang analis dari Canalys, Emma Xu mengatakan bahwa penurunan ini disebabkan oleh kebijakan lockdown di China yang dipicu oleh meningkatnya kembali kasus Covid-19 di sana.

“Kebijakan lockdown yang diterapkan di beberapa wilayah dan kota-kota di China sepanjang kuartal II 2022 sangat mempengaruhi industri manufaktur dan ekspor PC (dari China),” ujar Emma dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (13/7/2022).

“Terlebih, gangguan operasional pabrik PC di Shanghai, Kunshan, dan Jiangsu akibat lockdown ini membuat pesanan dari sejumlah merek PC ternama terkena imbas penundaan (delay) pengiriman,” imbuh Emma.

Selain operasional beberapa pabrik PC di China yang terhambat, pembatasan pergerakan masyarakat, begitu juga aktivitas bisnis yang berkurang, juga disebut Emma turut berpengaruh pada daya beli masyararakat terhadap PC.

“Meski indeks harga konsumen dan minat belanja masyarakat meningkat pada Juni kemarin, situasi ekonomi di China masih belum jelas karena pemerintah saat ini masih menerapkan kebijakan “Zero-Covid”, jelas Emma.

5 Besar Vendor PC Global

/ OIK YUSUF Layaknya laptop convertible atau 2-in-1, Lenovo Yoga 9i memiliki layar sentuh dan bisa digunakan seperti tablet.

Selain pengiriman PC global, Canalys turut mengungkap siapa saja lima vendor PC terbesar di dunia pada kuartal II 2022.

Dalam periode tersebut, Lenovo masih perkasa di posisi pertama dengan pangsa pasar 25 persen. Artinya apabila dihitung dari total pengiriman PC di kuartal II 2022 yang berada di angka 70 juta unit tadi, Lenovo berkontribusi sekitar 17,5 juta unit PC.

Posisi Lenovo disusul dengan HP, Dell, Acer, dan Asus yang masing-masing memiliki pangsa pasar 19,2 persen (13,4 juta unit), 18,9 persen (13,2 juta unit), 7,3 persen (5 juta uit), dan 6,7 persen (4,6 juta unit).

Karena total pengiriman PC global turun 15 persen, maka wajar saja apabila kelima vendor PC ini mengalami penurunan jumlah pengiriman unit pula.

Dari lima vendor PC tersebut, HP mengalami penurunan shipment PC terbanyak hingga 27,5 persen.

Pada kuartal II 2021 lalu, jumlah pengiriman unit PC HP tercatat di angka 18,5 juta unit, namun pada periode yang sama tahun ini, mereka hanya mampu mencatatkan pengiriman PC sebanyak 13,4 juta unit saja.

Selengkapnya, simak tabel pengiriman dan pangsa pasar lima vendor PC terbesar di dunia pada kuartal-II 2022 versi Canalys berikut ini.